Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Apakah Caramu Mencuci Pakaian Selama Ini Sudah Tepat?

Berbagai cara dilakukan oleh hampir semua orang untuk membersihkan pakaian mereka. Tapi yang jadi pertanyaan, apakah cara yang kamu pakai selama ini sudah tepat apa belum? Jika masih ada keluhan baju luntur, warna pudar atau pakaian yang tersangkut, itu artinya ada yang harus kamu perbaiki ketika mencuci.

Bagaimana caranya? Kalau ditanya kayak gini jawabannya ya pertanyaan lagi, hehe. Ketika mencuci pakaian apakah kamu sudah melakukan beberapa poin berikut ini?

1. Memisahkan pakaian

fimadani.com

fimadani.com

Pisahkan antara jenis pakaian dalam dan luar. Pemisahan antara celana dan pakaian pun penting untuk kamu lakukan agar hasil cucian bisa lebih bersih maksimal. Selanjutnya, pisahkan juga antara pakaian warna putih, pakaian yang mudah luntur, serta pakaian yang bisa dicuci secara bersamaan.

2. Cermat dalam memilih deterjen

laundrycare.biz

laundrycare.biz

Tidak semua jenis pakaian cocok dengan satu jenis deterjen. Deterjen yang mengandung bahan pemutih, hanya cocok digunakan untuk pakaian putih dan warna terang lainnya.

Jika pakaian kamu kebanyakan berwarna gelap (Merah marun, hitam, biru donker dan warna gelap lainnya) sebaiknya gunakan deterjen cair. Selain itu, pilih juga jenis deterjen yeng sesuai dengan jenis mesin cuci yang kamu pakai. Karena, beberapa mesin cuci terkadang harus menggunakan deterjen khusus agar tidak cepat rusak.

3. Perhatikan label pakaian

technicaltextile.net

technicaltextile.net

Sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, pastikan kamu sudah cek label yang ada pada pakaian atau celana (Dalam dan luar) untuk memastikan apakah pakaian kamu cocok dibersihkan dengan mesin cuci atau tidak. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah rusaknya pakaian.

4. Waktu merendam pakaian

bigthink.com

bigthink.com

Waktu yang ideal untuk merendam pakaian agar campuran deterjen bisa mengurai noda pada serat-serat pakaian adalah kurang lebih satu hingga dua jam. Karena jika merendam pakaian dalam air campuran deterjen terlalu lama akan merusak pakaian dan melunturkan warnanya.

Noda bandel yang nempel pada pakaian seringkali jadi mimpi buruk, terlebih jika noda tersebut nempel di pakaian kesayangan. Duh, rasanya pasti gimana gitu.

  •  
    9
    Shares
  • 9
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments