Waspadalah, Serangga-serangga Ini Suka Makan Manusia

Serangga pemakan manusia. Ketika mendengar itu apa yang terlintas dalam benakmu? Apakah benar serangga itu ada? Atau hanya sekedar mitos saja? Berbicara mengenai serangga, tentu sudah tak asing lagi ditelinga kita. Karena, hewan ini seringkali berinteraksi dengan manusia.

Misal nyamuk, semut, lalat, kupu-kupu dan masih banyak lagi yang lainnya. Serangga punya peranan tersendiri dalam kehidupan. Ada yang berperan sebagai komponen rantai makanan, misal sebagai pemakan daging, tumbuhan ataupun perombak limbah organik.

Rayap contohnya, ia berperan sebagai serangga perombak limbah. Ada juga serangga yang berperan sebagai perantara atau penyerbuk, misalkan kupu-kupu dan kumbang.

Melihat beberapa peranan serangga di atas, bisa kita simpulkan bahwasanya beberapa serangga itu banyak membawa manfaat. Namun ada juga serangga yang justru menyebabkan masalah atau bahkan sangat berbahaya jika berinteraksi dengan manusia.

Bahkan ada yang disebut sebagai serangga pemakan manusia. Ya benar, mereka benar-benar memangsa manusia hidup-hidup. Mengerikan, bukan?

Pasti kamu bertanya-tanya, serangga macam apakah itu? Berikut ini ada sedikit ulasan mengenai serangga-serangga pemakan manusia.

1. Lalat Bot

wikipedia.org

wikipedia.org

Jenis lalat yang satu ini memang luar biasa mengerikan. Kenapa bisa begitu? Lalat Bot ini bisa berkembang biak jadi spesies khusus, seperti Lalat Bot Kuda, Lalat Bot Hidung Kambing dan ada juga Lalat Bot Manusia.

Proses terjadinya Lalat Bit Manusia jauh lebih mengerikan dibanding yang lainnya. Pada mulanya ia meletakkan telurnya di tubuh nyamuk atau lalat yang biasa berinteraksi dengan manusia.

Setelah lalat yang diinfeksi tadi mendarat di tubuh manusia. telurnya akan jatuh ke tubuh manusia dan menetas. Larva dari telur tersebut akan masuk ke tubuh manusia melalui pori-pori atau luka dan secara perlahan mereka akan memakan daging manusia.

2. Lalat Screw

desypardede.wordpress.com

desypardede.wordpress.com

Lalat Screw juga merupakan salah satu serangga yang sangat berbahaya bagi manusia. Telur yang ditinggalkan di tubuh manusia akan jadi belatung dan menggerogoti tubuh manusia.

Meskipun ada belatung yang bermanfaat bagi manusia karena bisa hidup dalam jaringan yang mati dan membersihkan bakteri dari luka yang terbuka.

Namun belatung Screworm ini berbeda, ia akan memakan semuanya baik itu jaringan mati maupun hidup. Belatung-belatung tersebut akan tinggal dalam tubuh manusia dan memakan daging manusia. Dan pada akhirnya akan menyebabkan luka yang sangat mengerikan.

3. Lalat Sekrup Mata Merah

versesofuniverse.blogspot.com

versesofuniverse.blogspot.com

Ada juga jenis lalat lain yang tak kalah mengerikannya, ia dijuluki dengan lalat sekrup mata merah. Lalat ini akan bertelur di setiap luka yang ada di tubuh manusia dan akan menetas hanya dalam hitungan jam.

Lalat ini sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Serangga ini banyak menyebabkan kematian di daerah-daerah yang notabennya miskin. Tak tanggung-tanggung, kematian yang diakibatkan serangga ini jumlahnya mencapai ribuan.

Akhirnya sebuah intansi yang berbasis di Meksiko membuat sistem keamanan yang sangat ketat, yaitu dengan cara memandulkan milyaran belatung lalat sekrup. Kamu bisa bayangkan betapa berbahayanya lalat ini jika tidak segera ditangani.

4. Lalat Tumbu atau Lalat Putzi

versesofuniverse.blogspot.com

versesofuniverse.blogspot.com

Lalat ini banyak dijumpai di Afrika Timur dan Afrika Tengah. Lalat ini juga sangat berbahaya bagi manusia. Biasanya lalat ini akan meletakkan telurnya di atas tanah.

Setelah menetas, belatung dari lalat ini akan mencari indukan baik itu dengan hewan maupun manusia. Mereka bisa menembus kulit manusia melalui jaringan bawah kulit yang bisa menyebabkan tumor.

5. Cochliomyia hominivorax

primbondonit.blogspot.com

primbondonit.blogspot.com

Jenis lalat ini merupakan jenis lalat yang paling berbahaya. Mengapa demikian? Lalat ini menggunakan rahang pemotong yang ia miliki untuk melubangi dan masuk hingga ke dalam tulang dan saraf manusia, dan parahnya lagi ia bisa masuk ke aliran darah manusia.

Mengerikan bukan? Jika kamu terinfeksi oleh lalat ini jaminannya adalah kematian. Jadi selalu waspada dengan setiap serangga yang kita jumpai. Jangan sampai kita jadi sasaran serangg-serangga pemakan manusia tersebut.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments