Rahasia Dibalik ‘Museum’ Terbesar di Bumi

Dengan semakin padatnya populasi manusia di bumi, tentu ada kalanya kita akan merasa jeb=nuh dengan suasana sekitar yang begitu-begitu saja. Untuk mengatasi itu, bagaimana kalau kita coba menyelami bagian bumi yang lain. Iya, bagian bumi yang lain.

Kita tahu bahwa bumi ini hampir 70% terdiri atas perairan, yang terdiri dari lautan hingga samudra. Tak sedikit yang acuh dengan seberapa luas samudra, apa isinya dan bagaimana situasinya? Pemikiran kita terlalu fokus dengan hal-hal yang berkaitan dengan Mars dan Bulan, serta jenis planet apalagi yang sekiranya akan ditemukan.

Padahal di tempat yang kita tinggali saat ini masih menyimpan begitu banyak misteri. Ya, di bawah air berarus itu masih banyak menyimpan misteri. Bukan hanya tentang terumbu karang dan ikan, tapi jauh lebih dalam lagi.

“Museum” terbesar di bumi hingga pegunungan terpanjang di dunia ternyata ada di sana. Bagaimana bisa? Berikut ini ada beberapa fakta yang akan membuktikan kebenaran akan hal tersebut.

1. Bumi didominasi oleh kegelapan

kaskus.co.id

kaskus.co.id

Perlu kita ketahui bahwasanya bumi ini 94% nya adalah air. Dari fakta tersebut, tanah yang kita pijaki saat ini ‘tak ada artinya’, dan kita hanyalah penghuni minoritas di bumi ini.

Sekitar 70% bumi ini terdiri dari lautan dengan kedalaman rata-rata lebih dari 12.400 kaki. Sedangkan cahaya hanya bisa menembus hingga kedalaman 330 meter saja. Terbayangkan kalau sebagian besar planet kita ini berada dalam kegelapan.

2. Laut, ‘museum’ terbesar di bumi

missedinhistory.com

missedinhistory.com

Laut dalam bisa juga disebut sebagai museum terbesar di bumi. Bukan hanya ikan dan terumbu karang saja, tetapi ada banyak artefak serta sisa-sisa sejarah yang jauh lebih besar dibandingkan dengan semua museum yang ada di dunia ini.

Salah satunya adalah Antikythera yang ditemukan sekitar satu abad yang lalu. Benda tersebut ditemukan oleh kelompok penyelam di lepas pantai Yunani pada tahun 1900-an.

3. Pegunungan terpanjang di dunia ada dalam air

youtube.com

youtube.com

Percayakah kamu kalau pegunungan terpanjang di dunia itu ada di bawah air? Para peneliti menyebutnya dengan Mid-Oceanic Ridge, yaitu rantai pegunungan berjalan yang melalui tengah Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Pasifik.

Yang dimana puncaknya lebih tinggi dari pegunungan Alpen. Pegunungan ini terdiri dari sekitar 23% total permukaan bumi yang membentang lebih dari 40.000 mil (60.000 km).

4. Satu mililiter air laut = ludah 1 juta bakteri dan 10 juta virus

sainskesehatan.blogspot.com

sainskesehatan.blogspot.com

Jika kamu pernah menelan air laut walau hanya 1 mililiter, itu artinya kamu sudah menelan ludah dari 1 juta bakteri dan 10 juta virus. Tapi jangan khawatir, buktinya ada banyak perenang handal ataupun nelayan yang menelan air laut tapi sehat-sehat saja.

5. Penghalang terbesar eksplorasi samudra

atjehpost.co

atjehpost.co

Bagi seorang penyelam, cuaca ekstrim di dalam laut bukanlah masalah yang berarti. Tetapi beda di darat, beda juga di lautan. Lautan punya peraturan tersendiri yang sangat sulit untuk dilawan.

Salah satunya adalah daya tekan air terhadap manusia yang menjadi rintangan paling berat ketika menyelam. Sangat sulit bagi penyelam untuk menyelami hingga ke bagian laut terdalam, bertemu dengan kraken ataupun bangkai dari kapal Titanic yang tenggelam.

Tekanan di luar dinding dada pada seseorang dengan posisi berdiri atau duduk dengan leher terendam dalam air lebih besar 20 cmH2O dibandingkan tekanan atmosfer. Semakin dalam menyelam maka akan semakin sedikit udara yang bisa dihirup melalui oksigen tiap menitnya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments