Manfaat Luar Biasa Ini Hanya Bisa Kamu Dapatkan Ketika Sujud

Tahukah kamu, bahwa setiap gerakan shalat itu mempunyai arti filosofis serta rahasia yang mendalam? Baik itu dari segi kesehatan maupun kejiwaan. Luar biasa, bukan? Padahal gerakannya hanya gitu-gitu aja, tapi manfaatnya sungguh luar biasa besarnya. Salah satunya adalah gerakan sujud.

Shalat itu bukan hanya sekedar ibadah wajib bagi setiap muslim, namun juga merupakan suatu program untuk mendapatkan jiwa dan raga yang sehat pula. Mau tau, apa saja manfaat sujud?

Sujud merupakan keniscayaan, bukan hanya karena sujud bisa mengendapkan segala macam kelelahan jiwa serta keluh kesah. Tapi lebih dari itu, adapun rahasia-rahasia yang tersembunyi dibalik sujud.

1. Rahasia jiwa

Manfaat kejiwaan dari segi psikologis seseorang yang bersujud sesuai dengan sunnah Rasulullah adalah Ketenangan.

Ketenangan inilah yang membuat seorang hamba menyungkur di kaki Arsy-Nya karena ia merasa begitu banyak kenikmatan & keberkahan, namun tak banyak teringat untuk bersyukur. Ketenangan ini pula yang menghindarkan seorang hamba dari sifat sombong dan menjadi dekat dengan Allah.

2. Rahasia fisik

• Menambah Kecerdasan

Sujud yang thu’maninah dalam shalat bermanfaat untuk memperlancar aliran darah yang kaya akan oksigen kedalam otak. Karena pada saat sujud posisi jantung berada diatas otak. Aliran darah kaya oksigen ini berpengaruh pada daya pikir seseorang, Pasalnya sel-sel otak yang mendapatkan pasokan oksigen secara maksimal akan bekerja lebih baik.

• Memperindah tubuh

Sujud merupakan salah satu fasilitas latihan kekuatan otot dada. Karena saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Saat inilah terjadi kontraksi pada otot dada. Tak hanya memperindah tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya,

• Melatih Organ Persalinan

Sujud yang thu’maninah juga akan memudahkan para ibu untuk melewati proses persalinan dengan lancar. Saat pinggul melampaui kepala dan dada, otot-otot perut (rectus abdominis & obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh.

Kondisi ini melatih organ sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama. Ini menguntungkan wanita karena dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi.

Bila otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami ia justru lebih elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mempertahankan organ-organ perutnya kembali (fiksasi),

• Menjaga kesehatan pencernaan

Sujud merupakan gerakan yang manfaatnya meliputi banyak perangkat tubuh. membengkokkan badan ke dpan dan meletakkan dahi pada tanah merupakan gerakan yang bermanfaat dalam proses pemijatan terhadap perut dan perangkat pencernaan, sehingga membantu kelancaran proses pencernaan.

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan diatas, sujud yang baik juga akan meringankan rasa sakit ketika kita datang bulan, menghilangkan penyakit wasir, mengurangi kegemukan, mengurangi pengumpulan darah pada otak, terbebas dari maag & migraine, serta manfaat-manfaat kesehatan lainnya.

Kesimpulannya nilai sujud itu berasal dari makna-makna yang mencakup makna yang telah disebutkan di atas yang meliputi ketundukan, kekhusyukan, pengagungan, ketaatan dan lainnya.

Ketundukan, pengagungan, kekhusyukan dan merendahkan diri adalah indikasi yang menunjukkan penyembahan pelakunya kepada pihak yang dijadikan obyek ibadahnya. Dan sujud adalah gerakan besar yang menunjukan makna-makna ibadah. Sebab, dalam sujud refleksi ketundukan terjadi secara sempurna.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments