Manfaat Luar Biasa Ini Akan Kamu Dapatkan Saat Menangis

Banyak yang beranggapan bahwa menangis itu adalah suatu hal yang memalukan. Namun nyatanya, menangis mempunyai damapk positif, baik dari segi kesehatan maupun psikologis manusia.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. William H. Frey II, PhD, seorang pakar ilmu saraf serta peneliti tentang air mata menunjukkan bahwa 85% wanita dan 73% pria akan merasa kesedihannya berkurang jika sudah menangis.

Frey kembali mengatakan, menangis bukan hanya respon manusia terhadap kesedihan atau bentuk rasa frustasi, melainkan suatu hal yang menyehatkan. Berikut ada beberapa fakta menyehatkan yang akan kamu dapatkan ketika sedang atau setelah menangis.

1. Meredakan / mengurangi stress

upmcmyhealthmatters.com

upmcmyhealthmatters.com

Stress yang terlalu lama terpendam bisa memicu resiko serangan jantung serta merusak bagian otak tertentu. Menurut Frey, salah satu hal yang dapat menurunkan resiko tersebut adalah menangis. Ya menangis, karena menangis bisa meredakan stress, itu artinya bisa menurunkan resiko serangan jantung.

2. Menurunkan tekanan darah

vaheart.org

vaheart.org

Normalnya durasi seseorang ketika menangis adalah sekitar 6 menit. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Frey mengungkapkan bahwa menangis terbukti bisa menurunkan tekanan darah, denyut nadi dan tubuh seperti mendapat terapi.

3. Air mata bisa menghapus racun

huffingtonpost.com

huffingtonpost.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Frey, air mata yang keluar ketika menangis benar-benar bisa membantu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Menurutnya, bahan kimia yang terbentuk selama stress bisa dikeluarkan lewat air mata.

4. Menangis mengurangi mangan

zamnar.com

zamnar.com

Ini bukan ‘mangan’ dalam bahasa jawa loh ya! Mangan di sini adalah sejenis mineral yang dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Yang di man, kadar mangan paling tinggi terdapat pada air mata.

5. Menangis itu manusiawi

youmatter.suicidepreventionlifeline.org

youmatter.suicidepreventionlifeline.org

Dari sekian banyak jenis mamalia yang ada di dunia ini, hanya manusia yang mengeluarkan air mata sebagai respon atas suasana hatinya. Ekspresi emosional menunjukkan bahwa manusia memiliki perasaan untuk berempati.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments