Jangan Pernah Mencampur Makanan Ini, Atau ….

Beberapa makanan memang baik jika dimakan bersamaan, seperti tomat dengan alpukat, oatmeal dengan jus jeruk, atau apel dan cokelat. Ketika keduanya dimakan secara bersamaan, akan lebih sehat dibandingkan memakannya masing-masing.

Tetapi tahukah kamu, ada beberapa makanan yang seharusnya tidak dimakan secara bersamaan? Mengutip dari prevention.com, jika kamu mengonsumsi gabungan makanan ini akan membuat perut kembung, kadar gula darah meninggi, dan menghilangkan nutrisi pada makanan tersebut. Berikut ini beberapa makanan yang harus kamu hindari memakannya secara bersamaan.

1. Teh hitam dan susu

youtube.com

youtube.com

Teh hitam kaya akan kandungan anti-oksidan yang baik untuk mengurangi peradangan, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Tetapi jika kamu menambahkan sedikit susu, baik itu susu sapi atau susu kedelai, akan membuat manfaat dari teh tersebut menghilang. Kandungan protein pada susu dapat mengikat kandungan anti-oksidan dalam teh dan mencegahnya diserap oleh tubuh.

2. Roti putih dan selai

crustabakes.wordpress.com

crustabakes.wordpress.com

Ketika kamu memakan roti putih dengan selai, atau kentang goreng dengan soda, itu merupakan sebuah bencana bagi tubuh. Mengapa demikian? Ketika kamu mengonsumsi kombinasi makanan tersebut, gula darah kamu akan cepat naik, dan tubuh kamu akan berusaha dengan keras untuk menurunkannya.

Ketika tubuh menurunkan kadar gula darah, tubuh akan melepaskan insulin dari pankreas. Setelah itu tubuh akan kehabisan energi dan suasana hati bisa menurun, yang berakibat kamu menjadi mudah lelah dan mudah marah.

3. Salad dan saus bebas lemak

crustabakes.wordpress.com

crustabakes.wordpress.com

Ketika kamu mencampur saus rendah lemak pada salad, itu akan membuat penyerapan nutrisi oleh tubuh terhambat. Sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa pigmen karotenoid yang ada pada sayuran dapat menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan degenarasi makula, atau penurunan ketajaman pengelihatan.

Pigmen tersebut akan mudah diserap ketika dipasangkan dengan saus yang penuh lemak. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun dan cuka untuk menggantinya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments