Jangan Lagi Berikan Nugget pada Anak, Ini Akibatnya

Nugget ayam memang makanan yang praktis. Cukup menggorengnya sebentar, nugget sudah siap untuk disantap. Biasanya anak-anak sangat menyukai nugget karena bentuknya yang beraneka ragam dan rasanya pun juga enak.

Tapi tahukah kamu bahwa nugget tidak baik untuk kesehatan? Umumnya kamu hanya mengetahui ayam sebagai bahan baku pembuatan nugget. Padahal nugget banyak menggunakan bahan yang berbahaya seperti TBHQ (pengawet), MSG, gula, sodium, dan silikon. Seperti yang dikutip dari boldsky.com berikut ini paparan secara detail mengenai bahaya dari mengonsumsi nugget.

1. Efek dari minyak kedelai yang telah dihidrogenasi

Minyak ini pada dasarnya mengandung lemak trans yang dapat menyebabkan obesitas. Selain itu, lemak trans juga bisa memicu penyakit jantung dan peradangan di dalam tubuh.

2. Efek samping dari gula

Gula yang digunakan pada nugget berbentuk dekstrosa. Jika terlalu banyak dikonsumsi akan menjadi timbunan lemak pada tubuh. Terlebih jika memiliki penyakit diabetes, kamu pantang untuk memakan nugget karena dapat menyebabkan hiperglikemia.

3. Terlalu banyak sodium

Mengonsumsi sepuluh nugget sama dengan memasukan natrium sebanyak 1000 miligram ke dalam tubuh. Sedangkan tubuh hanya membutuhkan natrium sebanyak 2000 – 3000 miligram per hari. Akibatnya, tekanan darah bisa naik karena tidak ada kalium yang dapat menyeimbangkan kadar natrium pada nugget.

4. Tepung yang mengandung gluten

Ketika kamu membuat nugget sendiri di rumah pasti akan menggunakan tepung yang bebas dari zat gluten. Tetapi produk nugget pabrikan biasanya menggunakan tepung yang mengandung zat gluten yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

5. Mengandung pengawet

Pada nugget mengandung pengawet TBHQ yang dapat menyebabkan perubahan sel, kerusakan hati, kerusakan sistem reproduksi, dan perubahan biokimia. Selain pengawet, pada nugget juga ditemukan silikon yang biasanya digunakan untuk bahan kosmetik atau implan.

Bagaimana, masih ingin mengonsumsi nugget?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments