Ingin Tubuh Sehat dan Panjang Umur? Segera Biasakan 7 Aturan Makan Ini

Kondisi tubuh sehat dan panjang umur menjadi idaman nyaris semua manusia. Hanya saja, untuk bisa mencapainya bukanlah hal mudah. Penyakit, gaya hidup, dan polusi bisa menjadi penghalang untuk mencapai titik idaman itu.

Padahal untuk bisa mencapai usia yang panjang tidaklah sulit. Asal kuatkan niat dan konsisten pada tujuh aturan makan berikut seperti yang dilansir dari Health Today.com.

1. Minum air sebelum dan sesudah makan

Minum sebelum makan akan mencegah kamu makan secara berlebih. Sedangkan asupan air setelah makan akan melancarkan pencernaan dan melegakan pernapasan. Cobalah dari sekarang minum air sekitar 30 menit sebelum makan dan hindari makanan yang mengandung kandungan air berlebih.

2. Kombinasi makanan yang tepat

Agar tubuh mendapat asupan nutrisi yang tepat, atur jenis makananmu dengan kombinasi yang tepat. Seperti menghindari makan buah ketika perut kenyang karena akan menaikkan gula darah. Bila ini kamu lakukan dengan baik, organ pencernaan akan bekerja dengan ideal dan tubuh menyerap nutrisi dengan efektif.

3. Makan dalam kondisi santai

Makan dengan kondisi santai tanpa ada gangguan televisi dan internet akan meningkatkan kualitas hidup. Kamu akan lebih menghargai makanan, lingkungan, dan orang yang makan bersama. Ini akhirnya akan melesatkan tingkat kebahagiaan dan kualitas hidup seseorang.

4. Makan dalam porsi tepat

Makan hanya untuk memuaskan, bukan mengenyangkan, adalah cara makan yang sehat untuk pencernaan. Sebab, makan dalam porsi besar akan menyerap banyak energi dari tubuh. Itulah mengapa mereka yang habis makan besar akan merasa lelah, energinya terkuras, dan mood pun turun.

5. Makan makanan organik

Dunia modern menghasilkan banyak makanan cepat saji yang tidak menyehatkan tubuh. Untuk mengakalinya, mulai sekarang hindari jenis makanan ini dan pilih makanan organik yang bebas pestisida, sehat, dan alami.

6. Tentukan lamanya waktu makan

Tentukan tenggat waktu untuk mengonsumsi makanan. Ingat, makanan yang sehat adalah dalam jumlah sedikit dan tidak berlebihan. Cukup untuk memuaskan tapi tidak harus mengenyangkan. Tenggat waktu akan membuat waktum lebih  efektif, asupan nutrisi pun menyehatkan untuk tubuh.

7. Tambahkan suplemen

Meski sudah berusaha sekuat apapun, masih ada beberapa orang yang sulit mencapai jumlah ideal vitamin dan mineral untuk tubuh. Untuk itulah dibutuhkan tambahan suplemen agar bisa mencukupi jumlah yang dibutuhkan. Teliti jenis suplemen yang dibutuhkan tubuh. Bila perlu, konsultasikan dulu dengan dokter.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments