Hanya dengan Modal 1 Juta Saja, Kamu Bisa Buka Bisnismu Sekarang Juga

Apakah kamu masih suka minta uang jajan? Atau sering merasa galau ketika akhir bulan? Apa kamu nggak capek selalu dipusingkan dengan masalah finansial. Mungkin, berwirausaha bisa menjadi salah satu alternatif agar kamu tidak selalu bergantung pada orangtua.

Sebenarnya keinginan itu sudah menggelora, tapi aku tak ada modal untuk memulainya. Eits, jangan pesimis dulu. Ingat, semua itu berawal dari yang kecil. Sebenarnya, hanya dengan modal 1 juta-an kamu sudah bisa memulai usaha. Berikut ini ada beberapa referensi usaha yang bisa kamu coba hanya dengan modal 1 juta.

1. Bisnis kaus oblong

hipwee.com

hipwee.com

Zaman sekarang ini kebanyakan orang lebih suka memakai kaus oblong. Karena, selain simpel, santai dan adem, harganya pun juga lumayan terjangkau. Kebanyakan pengusaha yang bergelut dalam bidang dan mampu bertahan hingga saat ini adalah meraka yang mampu menjaga kualitas bahan dan desainnya.

Jadi, kamu yang suka menggambar, mungkin usaha yang satu ini sangat recommended untuk kamu coba. Daripada hasil karyamu hanya nongkrong di buku gambar dan ngga jelas mau dijadiin apa, mendingan kamu aplikasikan di kaus untuk dikonversi menjadi pundi-pundi rupiah.

Untuk pertama-tama kamu tawarkan dulu ke teman-teman kuliah atau organisasi yang sering membuat kaus khusus untuk event-event nya. Mau kapan lagi, kalau bukan sekarang? Kini saatnya kamu ambil peran dan taklukkan.

2. Manfaatkan kegemaranmu berkreasi

huffingtonpost.com

huffingtonpost.com

Apakah kamu termasuk orang yang gemar berkreasi? Jika iya, kenapa tidak kamu coba untuk mulai membiniskan hobimu itu? Selain bisa menyalurkan bakat, kamu juga bisa mendapat uang dari sana. Misal kerajinan makrame (kemampuan tali-temali) yang bisa kamu kreasikan menjadi berbagai macam bentuk barang.

Seperti gelang, kalung, gantungan hingga penghias jendela. Jika dihitung-hitung, 1 kilogram tali untuk membuat kerajinan makrame harganya sekitar 35,000. Hanya dengan modal 525.000 kamu sudah bisa mendapat 15 jenis warna. Sisanya bisa kamu gunakan untuk beli perlengkapan lainnya.

3. Bisnis Bimbel

bundagaluh.wordpress.com

bundagaluh.wordpress.com

Untuk kamu yang punya cita-cita untuk terjun ke dunia pendidikan atau kamu yang kuliah di keguruan. Kini saatnya kamu mencoba untuk membuka bisnis bimbingan belajar / les privat. Sebagai permulaan kamu bisa bekerja sama dengan sekolah atau mendatangi langsung para pelajarnya.

4. Bisnis makanan sehat untuk anak kos

playbuzz.com

playbuzz.com

Tidak jarang anak kosan sering malas keluar mencari makan. Alasannya macam-macam: jauh, bosan dengan makanan warung yang itu itu saja, sampai merasa tidak ada makanan yang terjangkau dan sehat.

Nah kamu bisa mempergunakan kesempatan ini dengan memulai memanfaatkan semua peralatan dapurmu untuk mendapatkan uang lebih. Modal kamu sebenarnya adalah alat dapur dan jasa memasak. Sisanya, kamu bisa tawarkan paket sarapan, paket makan siang, atau paket makan malam dengan uang pembayar di awal.

5. Tukang make-up

spendwithpennies.com

spendwithpennies.com

Keinginan tampil cantik dan bisa foto-foto unyu dalam berbagai acara-acara penting seringkali tidak dibarengi dengan kemampuan berdandan yang mumpuni. Nah, kondisi ini sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh kamu yang punya bakat dan gemar berjibaku dengan make up. Kenapa tidak kamu gunakan hobimu untuk menawarkan jasa mendandani orang lain?

Target pasarnya jelas: teman-teman yang mau wisuda, mereka yang mau kondangan, menawarkan diri untuk mendandani acara photoshoot, sampai ikut dalam tim pembuatan film dokumenter yang membutuhkan bantuan tim make-up.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments