9 Rahasia Ini Akan Membantumu Mendapatkan Jodoh yang Solehah

Laki-laki mana yang tak ingin dapat jodoh solehah? Saya yakin semua orang pasti menginginkan akan hal itu. Bahkan seorang laki-laki yang sadar bahwa dirinya kurang baik pun akan berharap hal yang sama, yaitu istri yang solehah. Tapi, untuk mendapatkan itu tidaklah mudah.

Logikanya ya kalau kita inginkan sesuatu yang baik kualitasnya tentu harus bekerja ekstra untuk itu. Apalagi di zaman sekarang ini yang pergaulannya kebanyakan sudah hancur.

Namun, semua itu tak menutup kemungkinan untuk mendapatkan jodoh yang solehah. Karena dunia ini sangatlah luas dan masih banyak wanita-wanita yang InsyaAllah solehah. Tergantung dari kita mau berusaha atau tidak.

Berikut ini akan kita bahas beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan jodoh yang solehah. Oh iya, meskipun tulisan ini ditujukan untuk para pria jomblo, kamu (Wanita) juga boleh membacanya loh.

1. Niat yang benar dan lurus

Dalam Islam, niat merupakan suatu hal yang sangat penting. Niat akan mempengaruhi hasil dari setiap perbuatan atau kegiatan yang kita lakukan. Apakah itu perbuatan yang menghasilkan pahala atau hanya sia-sia belaka?

Begitu juga dengan mencari jodoh, pastikan niatmu untuk menikah itu sudah benar-benar lurus. Pastikan bahwa niatmu untuk menikah adalah karena Allah dan Rasul-Nya. Niatkan menikah karena ingin mendapatkan ridhaNya, mengikuti sunah rasul dan menyempurkan separuh dari agama.

Jika niat kamu masih belum jelas, sebaiknya kamu pending dulu, kemudian tata ulang. Apalagi kalau niatnya hanya sebatas agar bisa merasakan kenikmatan dunia dengan cara halal semata. Meskipun itu tidak ada salahnya, tapi niat seperti ini akan mengurangi nilai keberkahan sebuah pernikahan.

2. Memperbaiki diri

Ingat, wanita yang baik untuk laki-laki yang baik pula. Begitu juga dengan sebaliknya. Maka, untuk bisa mendapatkan jodoh yang solehah dan baik, tentu kamu harus memperbaiki diri menjadi lebih baik dulu.

Coba kamu kira-kira sendiri diri kamu sekarang sudah ada di level mana? Sudah sebaik apa? Mulailah untuk mengevaluasi diri dan menentukan program untuk melakukan perbaikan diri.

3. Kriteria jangan muluk-muluk

Salah satu ciri laki-laki yang susah jodohnya adalah mereka yang memasang kriteria terlalu tinggi. Misalkan cantik, putih, kaya dan bla, bla, bla. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kriteriamu, tapi yang patut dipertanyakan itu adalah apakah kamu sudah setara belum?

Oleh sebab itu, jangan terlalu muluk dalam mencari jodoh. Carilah jodoh yang sekufu atau sepantaran / satu level. Baik dari segi fisik, sosial, finansial dan lain sebagainya.

4. Berdoa

Jika doa kamu untuk mendapatkan jodoh solehah belum juga dikabulkan oleh Allah, janganlah berputus asa. teruslah berdoa hingga Allah mengabulkannya. Apalagi jika kamu berdoa pada waktu-waktu yang ijabah untuk berdoa. Seperti sepertiga malam, menjelang buka puasa dan lain sebagainya.

5. Perbanyak ibadah

Perbanyak ibadah ini merupakan saran untuk memperbaiki diri. Cobalah untuk memperbaiki ibadahnya jika sering lalai, atau tambah dengan ibadah sunnah lainnya jika kamu sudah rutin melaksanakan yang wajib.

Perbanyak juga membaca Al-Qur’an, puasa sunnah, sedekah, sholat sunnah dan lain-lain. Mudah-mudahan usahamu dalam mencari jodoh solehah segera dikabulkan oleh Allah.

6. Memperluas jaringan

Maksud dari memperluas jaringan di sini adalah dengan memperbanyak kenalan dan pergaulan. Bergabunglah ke komunitas-komunitas baru. Dengan adanya pergaulan dan lingkungan baru diharapkan usahamu dalam mencari jodoh menjadi semakin mudah.

7. Nyatakan isi hati

Iya nyatakan isi hati. Karena ini merupakan hal yang paling penting, jangan hanya kamu pendam saja jika punya perasaan ke seseorang. Kalau bisa nyatakan langsung pada wali-nya (Bapak). Nyatakan maksudmu untuk mempersuntingnya.

Jangan sampai ditikung ya. Ingat, nyatakan jangan pendam, nanti busuk loh.

8. Minta bantuan orang lain

Kalau kamu sudah merasa siap untuk menikah, maka segerakanlah. Untuk mendapatkan jodoh yang solehah, terkadang kita membutuhkan bantuan orang lain. Apalagi untuk kamu yang punya kepribadian pendiam dan kurang bergaul.

Orang pertama yang bisa kamu mintai tolong adalah orang tua kamu sendiri, atau bisa juga minta tolong pada saudara atau teman-teman kamu.

9. Tawakkal dan pasrah

Jika semua usaha di atas telah dicoba atau bahkan lebih. Kini saatnya kamu untuk bertawakkal dan berserah diri kepada Allah. Tapi ingat ya, tawakkal itu adalah penutup dari semua usaha, bukan di awal atau di tengah usaha.

Jadi jangan bilang tawakkal kalau kamu masih minim usaha atau belum maksimal. Ditahap ini kamu juga harus tetap memperbaiki diri dan memperbanyak doa. Karena itu adalah kewajiban kamu sebagai manusia yang baik.

Semoga tips-tips ini bisa bermanfaat. Untuk yang belum mendapatkan jodoh yang soleh / solehah semoga segera dikabulkan oleh Allah. Jangan lupa bagikan, biar yang lain juga tahu.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments