5 Manfaat yang Akan Kamu Dapat Jika Makan dengan Beralas Daun Pisang

Di Indonesia, sajian makanan di atas atau dibungkus daun pisang bukanlah hal yang baru dan aneh. Dalam beberapa momen, daun pisang biasa digunakan sebagai alas untuk mnyentap hidangan makanan bersama teman-teman dengan dasar kebersamaan atau persaudaraan.

Sedangkan di negara bagian selatan India, makan / makanan beralaskan daun pisang merupakan cara tradisional mereka untuk melayani tamu. Semua orang akan duduk bersama di lantai kemudian makan bersama menggunakan tangan bukan sendok.

Namun tahukah kamu? Cara tradisional ini ternyata tidak hanya praktis, tapi juga kaya akan manfaat. Seperti yang dilansir oleh healthmeup.com, berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika makan dengan beralaskan daun pisang.

1. Menyehatkan

jennybeaned.com

jennybeaned.com

Daun pisang memiliki kandungan senyawa nabati yang biasa disebut dengan polifenol epigallocatechin gallate yang juga terdapat pada teh hijau. Polifenol adalah antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit.

Makanan yang disajikan di atasnya akan menyerap polifenol tersebut. Sehingga, kamu akan mendapatkan manfaat serta nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, daun pisang juga dipercaya mempunyai sifat anti bakteri yang mampu membunuh semua jenis kuman yang terdapat dalam makanan, sehingga kemungkinan jatuh sakit pun bisa diminimalisir.

2. Cita rasa tinggi

jennybeaned.com

feed.id

Daun pisang mempunyai lapisan lilin yang bisa memberikan cita rasa berbeda. Ketika makanan yang masih panas diletakkan di atas daun, zat lilin yang terkandung di dalamnya akan mencair dan membuat cita rasa makanan menjadi semakin kuat dan nikmat.

3. Ramah lingkungan

Green technology

Green technology

Ketika sebagian orang mencari piring sekali pakai, mereka lebih cenderung memilih piring plastik atau styrofoam. Padahal daun pisang itu jauh lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan kedua jenis bahan tersebut.

Daun pisang jauh lebih mudah diuraikan oleh tanah, serta bisa menyuburkan tanah. Sedangkan plastik dan styrofoam membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk diuraikan, selain itu juga bisa merusak unsur hara tanah.

4. Bebas bahan kimia

064019

Untuk membersihkan daun pisang, kamu hanya perlu membilasnya dengan sedikit air dan tidak perlu dicuci menggunakan sabun, sehingga makanan akan terbebas dari bahan kimia. Namun lain halnya jika memanfaatkan piring yang harus dicuci dengan menggunakan sabun, bekas bahan kimia dalam sabun akan tetap menempel di piring. Sehingga ada kemungkinan mengontaminasi makananmu.

5. Praktis

layalli.wordpress.com

layalli.wordpress.com

Daun pisang cenderung punya ukuran yang cukup besar, sehingga kamu tak perlu ragu untuk menuangkan semua makanan ke atas daun. Selain itu, daun pisang juga tahan terhadap air berkat kandungan zat lilin yang terdapat di dalamnya. Sehingga, makanan berkuahpun bisa kamu tuangkan ke atasnya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments