4 Tips Menabung untuk Kamu yang Gajinya 2 Juta-an

Jika masih ingat dulu sewaktu masih kecil, kita selalu diajarkan untuk menabung dari uang jajan. Dengan menggunakan celengan ayam dari tanah liat. Namun sekarang ini menabung akan menjadi perihal yang cukup rumit, terlebih dengan pendapatan yang pas-pasan.

Namun kamu ngga perlu kawatir, di sini akan kami berikan beberapa tips bagaimana cara menabung meskipun dengan penghasilan yang bisa dibilang pas-pasan.

1. Menabung tidak perlu dimulai dengan nominal yang besar

Kamu dapat mulai dengan angka yang kecil setiap bulan misalnya 200 ribu rupiah/ bulan. Jika nominal ini masih besar untuk kamu, coba menjadi 100 ribu rupiah / bulan dan bertambah secara bertahap

2. Jika pendapatan kamu 2 juta-an

Sesuai dengan judul diatas, jika pendapatan kamu Rp 2 juta / bulan. Pas-nya, setiap bulan kamu menabung adalah 10% atau Rp 200 ribu rupiah / bulan. Tentu saja dapat dilakukan bertahap seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

3. Langsung disisihkan

Tips mujarap-nya, supaya kamu dapat menabung secara efektif setiap bulannya adalah setelah mendapatkan gaji, langsung ditabungan sesuai dengan perhitungan kamu.

Sehingga, tabungan menjadi nomor satu, dan sisanya untuk kebutuhan. Biasanya, jika pengeluaran dulu baru sisanya ditabung, kemungkinan besar sedikit atau bahkan tidak ada uang yang ditabung pada akhirnya.

4. Punya lebih dari 2 rekening tabungan

Cara hebat kedua, biasanya tabungan bisa saja dipakai yang diluar rencana dan bisa tidak penting. Solusinya, ada rekening pengeluaran dan tabungan yang terpisah.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments