10 Fakta Salah Tentang Pelajaran IPA yang Dulu Pernah Diajarkan di Sekolah

Ketika masih duduk di bangku sekolah dasar, kamu pasti pernah mendapat pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kan? Ada banyak hal menarik yang bisa dijelaskan dalam pelajaran ini, mulai dari tatanan alam semesta hingga fakta mengenai tubuh manusia.

Pasti kamu masih ingat kan, beberapa materi yang dulu pernah diajarkan oleh guru IPA kamu? Misal, manusia itu punya 5 indera dan peta rasa lidah. Tapi, yang jadi pertanyaannya apakah kamu benar-benar yakin apa yang diajarkan itu benar adanya? Hmmm, pasti jawabannya yakin.

Eits, jangan main yakin-yakin aja! Soalnya, seiring dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini telah banyak menghasilkan teori serta penemuan baru, dan secara perlahan menggeser teori yang sudah ada. Karena, dianggap sudah tidak valid lagi. Apa saja itu? Ini ulasannya.

1. Manusia punya 5 indera

Senses1

Coba kamu sebutkan apa saja 5 indera tersebut? Penglihatan, penciuman, peraba, penciuman dan pendengaran. Ya benar, memang seperti yang kita dapatkan di sekolah dulu. Kita diajarkan bahwa manusia itu punya 5 indera. Kalau ada yang punya indera ke-6 berarti dia bisa ngelihat hantu (Katanya).

Fakta:

Teori ini pertama kali dinyatakan oleh Aristoteles. Namun, teori tersebut kini tak lagi valid. Seiring dengan perkembangan zaman, ternyata ada teori baru yang menyatakan bahwa manusia itu punya sekitar 14-20 indera. Meliputi indera temperatur, kinestetik, keseimbangan, rasa sakit, getaran dan lain sebagainya.

2. Peta rasa lidah

laporan-percobaan-lidah-dyah-ayu-larasati-smp-yasporbi2-jakarta-7-638

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan gambar lidah yang diberi kode warna pada bagian tertentu yang menunjukkan kepekaan terhadap suatu rasa. Misal, tepi lidah merasakan asam, pangkal lidah merasakan pahit, samping lidah merasakan asin, serta ujung lidah merasakan manis.

Fakta:

D.P Hanig seorang ilmuwan Jerman telah melaukan eksperiman uji rasa pada beberapa relawan. Hasilnya, beberapa relawan justru merasakan rasa tertentu di bagian lidah yang tidak sesuai dengan peta rasa.

Kesimpulannya, semua bagian lidah sebenarnya punya kemampuan mendeteksi rasa. Hanya saja, ada bagian tertentu yang lebih peka terhadap suatu rasa.

3. Darah akan jadi biru jika kekurangan oksigen

5-hal-yang-katanya-salah-diajarkan-oleh-guru-ipa_darah-biru

Teori yang satu ini mungkin sudah melekat erat dipikiran kita. Namun, yang jadi pertanyaan apakah benar darah yang kekurangan oksigen akan berubah warna jadi biru?

Sebenarnya, teori hanya berdasarkan pada warna pembuluh darah vena yang seringkali terlihat biru. Sehingga kita diberitahu dan menganggap bahwa teori tersebut benar adanya.

Fakta:

Semua darah manusia itu berwarna merah gelap, namun akan terlihat biru jika dilihat dari pembuluh vena. Sebenarnya, pembuluh vena juga tidak berwarna biru. Pembuluh vena terlihat biru karena cahaya yang memantul.

Pembuluh vena mempunyai koefisien penyerapan cahay yang lebih besar pada spektrum warna merah. Sehingga menyebabkan warna merah menjadi terserap dan lebih nampak kebiruan.

4. Kepribadian seseorang berdasarkan bagian otak

Left-and-Right-Brain-Functions

Kamu pasti pernah diajari mengenai kepribadian manusia yang didasarkan pada bagian otak yang paling sering digunakan. Jika kamu sering menggunakan otak kiri, berarti kamu sangat berbakat di bidang intelektual dan logika. Jika otak kanan, kamu lebih jago di bidang emosional dan seni.

Fakta:

Pembagian kepribadian berdasarkan bagian otak itu hanyalah mitos. Memang benar Bagian otak itu memeiliki fungsi masing-masing, akan tetapi bagian-bagian tersebut saling memiliki keterkaitan.

Sebagai contoh, pemahaman tata bahasa terleak di sisi kiri otak. Sedangkan intonasi dan penekanan kata justru terjadi di otak sebelah kanan. Sehingga untuk pintar berbahasa, tentu kamu harus menggunakan kedua bagian otak tersebut.

5. Kurus dan gemuk dipengaruhi sistem metabolisme

hubungan-metabolisme-dengan-berat-badan_670x310

A: Kenapa ya, sudah makan banyak tapi nggak bisa gemuk?

B: Eh, aku malah sudah diet mati-matian tapi tetap nggak bisa kurus?

C: Ya, percuma! Itu sudah pengaruh dari sistem metabolisme kalian. Jadi mau berusaha sekeras apapun, ya bobot tubuh kalian nggak akan berubah secara signifikan.

Kamu pasti juga sering mendengar hal demikian, bukan? Katanya sih, badan gemuk dan kurus itu dipengaruhi oleh metabolisme tubuh. Dimana orang kurus biasanya metabolismenya cepat. Sedangkan orang gemuk, metabolismenya lambat.

Fakta:

Sayangnya teori ini masih dipertanyakan. Menurut penelitian di Klinik Mayo, orang kurus malah memiliki sistem metabolisme lebih lambat dibanding orang-orang gemuk. Intinya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara metabolisme orang gemuk dengan orang kurus.

6. Ada 3 macam wujud zat

slide_3

Selama ini para guru selalu mengajarkan bahwa dalam dunia ini terdapat 3 macam wujud zat yaitu zat padat, cair, dan gas. Pelajaran fisika ini tidak sepenuhnya benar,

Fakta:

Sebenarnya ada 4 macam jika ditambah plasma. Itu pun hanya wujud dasar yang bisa kita amati dalam kehidupan sehari-hari. Masih ada beberapa wujud zat lain misalnya Bose-Einstein condensates, neutron-degenerate matter dan lain-lain.

7. Ada 9 planet di sistem tata surya

image(2)

Masih ingat mata pelajaran IPA tentang tata surya waktu SD dulu? Kita diajarkan bahwa ada 9 planet di tata surya yang mengitari matahari, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan terakhir Pluto.

Fakta:

Nyatanya, teori ini sudah tidak berlaku lagi di abad 21 ini. Kenyataanya, di sistem tata surya hanya terdapat 8 planet. Pluto tidak termasuk planet karena tidak memenuhi syarat sebagai sebuah planet mandiri.

8. Di luar angkasa tidak ada gravitasi

Astronaut-Edward-White-floats-in-zero-gravity-of-space-northeast-of-Hawaii-during-the-first-ever-spacewalk-for-an-American-on-June-3-1965-during-the-flight-of-Gemini-IV.-NASAJSCASU-960x715

Dulu guru kita selalu mengajarkan bahwa di luar angkasa tidak ada gravitasi. Karena itulah tubuh astronot nampak melayang-layang di luar angkasa.

Fakta:

Hal ini tidak sepenuhnya benar sebab gravitasi ada di mana-mana termasuk di luar angkasa. Gaya gravitasi dari matahari bertanggung jawab menjaga planet-planet di tata surya tetap pada orbitnya.

Hanya saja memang kekuatan gravitasi berkurang seiring dengan jarak, karena itu semakin jauh seseorang dengan planet bumi maka kekuatan gravitasi akan terasa semakin berkurang.

9. Bumi satu-satunya tempat yang ada air-nya

earth

Waktu sekolah dulu, kita diajarkan bahwa bumi adalah satu-satunya tempat yang memiliki kehidupan dan perairan. Namun agaknya teori ini tidak sepenuhnya benar, dan telah terbantahkan oleh penemuan terbaru yang dilakukan NASA dan peneliti lainnya.

Fakta:

Satelit milik Jupiter dan Mars, konon memiliki lebih banyak air daripada di bumi. Bahkan belakangan ini makin banyak ditemukan tanda peradaban di planet-planet lain seperti Mars.

10. Penemu bohlam

profil-thomas-alva-edison-1

Selama ini kita mengenal Thomas A. Edison sebagai penemu bohlam lampu. Padahal Thomas Edison sama sekali bukanlah penemu bohlam melainkan orang yang pertama kali mematenkan bohlam.

Fakta:

Penemu bohlam sendiri adalah seseorang bernama Heinrich Goebel. Bahkan ketika temuan itu dipatenkan Edison, sebanyak 22 orang telah melakukan eksperimen tentang bohlam termasuk seorang jenius lain bernama Nikola Tesla.

Tindakan Edison yang mematenkan bohlam ini disebut-sebut sebagai salah satu cikal bakal perseteruan panjang antara Nikola Tesla dan Thomas Edison, selain masalah arus listrik AC/DC yang terkenal dengan sebutan ‘War of Currents’.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments

comments